Minggu, 01 Januari 2017

Saat Telat Balik ke Pesantren Setelah Liburan, "Surat Dokter" Senjata Paling Ampuh Santri Untuk Menambah Perizinan

Saat Telat Balik ke Pesantren Setelah Liburan, "Surat Dokter"  Senjata Paling Ampuh Santri Untuk Menambah Perizinan
via Instagram pesantren story
Liburan memang mengasyikkan. Pun begitu dengan santri. Liburan adalah hal yang paling ditunggu setelah sekian lama mengikuti kegiatan pesantren.
Ada yang bilang bahwa saat waktu libur tiba, santri itu ibarat Kuda Lepas Dari Kandang #Upss, sepertinya ini tidak benar. Yang namanya liburan setiap orang pasti akan melepaskan segala kepenatan dan masalah yang berkelumat di pikirannya selama ini.
Salah satu upaya pesantren sebelum meliburkan santrinya adalah dengan taujihad wal irsyadat atau lebih dikenal dengan pemberian nasehat jelang liburan. Dan ini merupakan kegiatan paling penting dan wajib dilaksanakan setiap jelang perpulangan.
Inilah upaya pesantren biar santrinya tidak seperti istilah yang telah disebutkan sebelumnya. Agar para santri selalu berada on the track yang selalu menjadi santri dengan nilai-nilai kepesantrenan selalu diamalkannya dimanapun ia berada saat liburan.
BACA JUGA : Meskipun Pesantren Terasa Seperti Penjara, Tapi ia Seperti Ibu Kandung Yang Akan Dikenang Sepanjang Masa
Lalu, bagaimana reaksi santri pada detik-detik liburan akan segera berakhir. Pasti mereka akan mengecek kembali surat risalah safar (baca : surat perpulangan) dengan berharap ada sedikit keajaiban bahwa tanggal yang telah ditetapkan oleh pesantren untuk kembali ke pesantren dapat bergeser lebih lama lagi #haha
Biasanya, para santri mulai timbul rasa malas untuk kembali ke pesantren dengan berbagai alasan. Mulai dari masih nikmatnya bermain dengan teman-teman, masih banyak tempat wisata atau hiburan yang belum di kunjungi atau belum siapnya tugas tertentu yang diberikan oleh pesantren pada saat liburan.
Para santri pun mulai memikirkan trick jitu agar bisa menambah liburan lebih lama sedikit lagi. Ada yang berhasil menemukan solusi ada yang tidak. Itulah namanya sebuah usaha.
Saat Telat Balik ke Pesantren Setelah Liburan, "Surat Dokter"  Senjata Paling Ampuh Santri Untuk Menambah Perizinan
Via Instagram Pesantren Story

Pada hakikatnya, liburan adalah sebuah kegiatan atau pekerjaan yang hanya saja berubah dan berpindah dari salah satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Namun, kadang liburan membuat santri tidak betah lagi untuk kembali ke pesantren. Maka disinilah dituntut keaktifan para orag tua wali untuk mengontrol penuh kegiatan anaknya saat liburan, agar tidak terpengaruh dengan lainnya.
Jadi, tidak ada istilah berakhir liburan tidak mau kembali lagi ke pesantren atau merasa liburannya terlalu singkat. Anggap saja liburan sebagai pekerjaan atau kegiatan. Yang segera akan berpindah pada kegiatannya di pesantren.
BACA JUGA : Mau Sukses di Pesantren ? Jadikan Pesantren Sebagai Pilihan, Bukan Tempat Pelarian
Back to main idea#
Nah, apa kira-kira senjata jitu para santri untuk menambah perizinan. Jawabannya adalah Surat Dokter. #haha yang isinya tentu untuk meminta izin bahwa yang bersangkutan harus beristirahat untuk beberapa hari kemudian karena sakit. Memang yang namanya penyakit tidak ada yang mengharapkan, tapi ia kadang datang di saat yang tepat dan tidak. Dan sangat tepat kalau datang pada saat berakhirnya liburan. #upss
Biasanya, pihak pengasuhan santri, bagian yang paling bertanggungjawab terhadap liburan santri sangat sering menerima titipan surat dokter dari santri tertentu yang mengharuskan santri tersebut untuk melanjutkan liburannya. #
Owh surat dokter, engkau sangat berguna # begitulah kira-kira.





Bagikan

Jangan lewatkan

Saat Telat Balik ke Pesantren Setelah Liburan, "Surat Dokter" Senjata Paling Ampuh Santri Untuk Menambah Perizinan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.