Sabtu, 31 Desember 2016

7 Hal ini Mesti Kamu Ketahui Kenapa Pesantren Menjadi Dasar Pilihan dan Kesuksesanmu

7 Hal ini Mesti Kamu Ketahui Kenapa Pesantren Menjadi Dasar Pilihan dan Kesuksesanmu
source : almanardocumentary
HIKAYATSANTRI.COM- Sudah barang tentu sebelum kamu memilih sekolah untuk melanjutkan pendidikan kamu terlebih dahulu memilah memilih lembaga mana yang terbaik untuk kamu sebagai sekolahmu. Tentunya kamu menginginkan sekolah yang layak dan bisa meningkatkan kualitas keilmuanmu.
 Untuk saat ini mungkin sekolah supermewah nan elit menjadi sekolah favorit bagi sebahagian anak,  sekolah yang diadopsi oleh lembaga tertentu dari luar negeri, sebut saja seperti sekolah Fatih Billingual School, atau sekolah-sekolah Turki lainnya yang banyak berkembang di Indonesia. Populernya sekolah tersebut tidak terlepas dari lengkapnya fasilitas dan perfectnya guru pengajar yang sebahagian didatangkan langsung dari negera lain.
Namun, dibalik kemewahannya, sekolah bertaraf internasional tersebut tidak akan tersentuh bagi siswa kalangan bawah. Masalah terbesar di Indonesia sendiri adalah masih banyak sekolah jangankan fasilitas yang memadai bahkan atap sekolahnya pun masih bocoor, dan itu bisa kita lihat di daerah-daerah terpencil. Dan yang paling besar lagi adalah masih banyak anak negeri ini yang jangankan bersekolah di sekolah yang mewah, sekolah di tempat biasa saja juga belum bisa, walaupun pemerintah sudah mewajibkan belajar 9 tahun.  
Pada hakikatnya, sehebat apapun fasilitas sekolah tertentu, tidak akan menjadikan sekolah hebat kalau seandainya muridnya sendiri tidak mau menjadi orang hebat. Tidak sedikit anak-anak yang sekolah di pedalaman menuang prestasi yang gemilang dan membanggakan sekolahnya yang kalau dilihat dilihat dari mobiler sekolahnya tidak sebanding dengan sekolah favorit di kota-kota besar.
Terlepas dari itu semua, bukan berarti sekolah yang lengkap fasilitasnya tidak bisa melahirkan siswa yang penuh prestasi, justru dengan adanya fasilitas yang lengkaplah membuat sebahagian muridnya belajar lebih giat dan bersemangat.
Setelah fasiltas yang lengkap. Mewah dan berkelas, apalagi yang kamu cari? Bagaimana dengan sekolah yang mendidik mentalmu yang menjadi insan kami lagi mandiri. Untuk saat ini, masalah terbesar siswa di Indonesia adalah degradasi moral di kalangan pelajar. Tidak heran, jika selama ini banyak beredar kabar miring yang dilakukan oleh pelajar.

7 Hal ini Mesti Kamu Ketahui Kenapa Pesantren Menjadi Dasar Pilihan dan Kesuksesanmu


Untuk mengurangi kekhawatiran orang tua wali terhadap perilaku dan akhlak aknaknya, pesantren menjadi solusi saat ini. Khususnya pesantren yang bersistem boarding school. Memang tidak sepenuhnya terjamin setiap anak yang sekolah di pesantren menjadi orang yang sempurna baik akhlaknya dan sebagainya. Tapi paling tidak pesantren sudah berusaha mengembleng santrinya untuk menjadi insan kamil berbudi tinggi. Nah, selain akhlak apa saja yang setidaknya pesantren menjadi dasar kesuksesanmu dan menjadi pilihanmu?
Berikut ini beberapa alasan yang bisa kamu cermati yang ditulis oleh Akbar Zainudin dalam bukunya Ketika Sukses Berawal dari Pesantren ;
1.      Pesantren Menerapkan Disiplin Yang Ketat
Di Pesantren, para santri diajarkan untuk berdisiplin dalam segala hal. Bukan hanya disiplin melakukan shalat berjama’ah, tetapi juga disiplin dalam setiap aspek kehidupan santri, mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Displin tersebut diterapkan secara ketat, tidak pandang bulu. Siapa yang melanggar disiplin akan mendapatlan sanksi, karena pesantren meyakini bahwa kesuksesan seseorang tidak terlepas dari jiwa berdisplin yang tinggi.
Disiplin inilah yang membentuk kehidupan. Tanpa adanya disiplin sulit bisa mencapai kesuksesan. Disiplin yang menjadikan maju dan berkembang. Awalnya memnag berat, tetapi itulah jalan masa depan gemilang.

Baca Juga : 

Meskipun Pesantren Terasa Seperti Penjara, Tapi ia Seperti Ibu Kandung Yang Akan Dikenang Sepanjang Masa

2.      Pesantren Mengajarkan Kemandirian
Pesantren mengajarkan agar santrinya bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan demikian, saat terjun di tengah masyarakat para santri langsung bisa cepat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, bagaimanapun kondisinya ia sudah terbiasa dengan berbagai kegiatan pesantren, bakti sosial dan sebagainya.
7 Hal ini Mesti Kamu Ketahui Kenapa Pesantren Menjadi Dasar Pilihan dan Kesuksesanmu

3.       Pesantren Mengajarkan Kreativitas

Pesantren memang penuh dengan disiplin, tetapi para santrinya juga diberikan banyak ruang untuk melalukan aktivitas dan menyalurkan bakat dan hobi. Bermacam-macam fasilitas olahraga, kursus kesenian dan keterampilan dibuka lebar. Semua itu bertujuan agar para santri mampu menjadi orang kreatif dalam segala bidang.
4.      Pesantren Mengajarkan Santrinya Berani Menghadapi Berbagai Tantangan Hidup
Keberanian menghadapi banyak persoalan hidup inilah yang menjadikan santri berani berbuat di masyarakat. Banyak alumni pesantren yang menjadi pemimpin di berbagai kalangan karena keberaniannya dalam melakukan sesuatu, mental yang sudah terasah dan teruji dengan berbaga masalah ketika jadi santri.
5.      Pesantren Mengajarkan Santrinya Bertanggung Jawab
Pesantren mengajarkan bahwa apapun aktivitas dan pekerjaan yang santri lakukan mesti berani bertanggungjawab, termasuk melanggar disipilin yang bertanggungjawab menerima segala resiko dan sanksi. Jika melakukan hal-hal baik akan diganjar dengan kebaikan begitupun sebaliknya.
6.      Pesantren juga mengajarkan santrinya jiwa pantang menyerah.
Santri dididik untuk menjadi insan tangguh pantang mengeluh, tidak cengeng dan terus bangkit jika mengalami kegagalan. Karakter pantang menyerah dan berani bangkit inilah yang akan menjadi dsar penting buat santri saat terjun di tengah masyarakat.
7.      Pesantren juga Mengajarkan Jiwa Keikhlasan
Tanpa keikhlasan itu bukan pesantren. Ikhlas berbuat, bekerja, adalah ruh utama pesantren. Santri belajar untuk berbuat terlebih dahulu, memebrikan yang terbaik yang dimillikinya, bukan bertanya dahulu, dapat apa dan berapa. Ikhlas adalah energi. Ikhlas adalah kekuatan yang tidak semua orang bisa memilikinya.

Bagikan

Jangan lewatkan

7 Hal ini Mesti Kamu Ketahui Kenapa Pesantren Menjadi Dasar Pilihan dan Kesuksesanmu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.